Senin, 24 Mei 2010

Posted by Hafizh Fauzan |

Memuat Semua dalam Satu dengan Layanan iGoogle

,
Bagi Anda yang belum tahu banyak dengan layanan Google di web, sebaiknya Anda meneruskan membaca tulisan ini. Karena saya akan membagikan informasi salah satu layanan mbah Google yang sangat saya sukai. Dengan alasan utama, simpel, mudah, cepat, dan tangguh.

Langsung saja, salah satu layanan tersebut adalah iGoogle. Apa itu iGoogle? iGoogle adalah sebuah layanan yang membuat Anda tidak beranjak dari layanan Google yang satu ini. Mengapa? Karena setelah Anda login dengan account google kemudian membuka iGoogle (klik link) maka Anda akan bisa menikmati banyak fasilitas dalam satu tempat, yaitu iGoogle. Sebagai contoh Anda bisa melihat salah satu tampilan yang ada di fasilitas iGoogle milik saya.

[klik untuk memperbesar]

klik untuk memperbesar
klik untuk memperbesar
klik untuk memperbesar

Dengan memanfaatkan jasa iGoogle kita bisa menggunakan berbagai fitur dan layanan google hanya dalam satu tempat. Misalnya gambar yang paling atas menunjukkan bahwa dengan membuka iGoogle saya sudah bisa mengecek email saya. Gambar yang tengah menunjukkan halaman utama (yang disebut Google sebagai "Beranda") yang menampilkan berbagai fasilitas yang bermanfaat bagi user semua dalam 1 halaman saja. Misalnya, dalam "Beranda" ini saya bisa melihat apakah ada email baru, bagaimana Daily Biorythms saya, catatan penting yang saya tinggalkan, berita terbaru dari dunia ICT (Information Communication and Technology), membaca kata-kata bijak dari Aristoteles atau Einstein, dan sebagainya.

Untuk menambahkan layanan semacam ini, klik Add stuff untuk menambahkan layanan lainnya. Layanan tersebut dibagi sesuai kategori untuk mempermudah Anda dalam memilih. Ada 9 kategori yang bisa Anda pilih, antara lain: News, Tools, Communication, Fun & Games, Finance, Sports, Lifestyle, Technology, dan Politics.

Sangat disarankan Anda melihat setiap gambar dengan meng-klik gambarnya, agar ilustrasi lebih mudah Anda lihat. Kemudian pada gambar yang paling bawah saya memasukkan fitur Webmaster Tool yang sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan blog saya.






Sebaiknya Anda segera mencoba bagaimana hebatnya Google dalam memberi pelayanan. Bukannya sedang promosi, saya hanya merasa perlu menyampaikan bahwa banyak sekali produk atau layanan Google yang memuaskan saya. Dan saya kira Anda sangat pantas untuk segera mencoba.

Terima kasih Google yang sudah memberikan saya tempat untuk menulis ini di layanan yang kau berikan (www.blogger.com).

Insyaallah lain kali akan saya bagikan lagi pengalaman saya menggunakan produk atau layanan dari Google yang lain. Semoga bermanfaat!